Benarkan Semakin Banyak Keluar Keringat Semakin Banyak Membakar Lemak?

Bila anda ingin menurunkan berat badan, bisa mencoba rekomendasi dari saya. Sebab dari survey yang dilakukan, banyak yang telah menurunkan berat badan dengan ini secara ALAMI 2 - 3 kg/ minggu tanpa efek samping. Kok bisa? klik disini segera.

Kita pasti sering meyakini bahwa semakin banyak kita mengeluarkan keringat maka semakin banyak membakar lemak. Namun, apakah benar semakin banyak keringat keluar, semakin banyak pula lemak yang di bakar? Ternyata tidak!

Sudah banyak artikel yang membahas masalah ini, namun tetap saja tidak sedikit orang yang berpikir bahwa berkeringat itu artinya membakar lemak lebih banyak. Benar bahwa Anda membakar lemak selama berolahraga, namun semua itu karena anda berolahraga, bukan dari banyaknya keringat.


Mengenal Lebih Dekat Keringat
Apa sebenarnya keringat? Keringat berasal dari cairan yang di produksi oleh kelenjar kulit kita. Komposisi utamanya adalah air dan natrium klorida (garam), serta mengandung mineral, laktat, dan urea. Berkeringat sebenarnya merupakan proses natural yang terjadi didalam tubuh dan biasanya diakibatkan karena tubuh mengalami over heating atau kepanasan, sehingga menghasilkan keringat untuk mendinginkannya. Dengan begitu, tubuh bisa melepaskan panas keluar dan menurunkan temperatur tubuh.

Lalu, Apa Yang Mempengaruhi Banyak Sedikitnya Keringat?
Banyaknya keringat dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain jenis kelamin, metabolisme tubuh, genetik, suhu dan kelembaban lingkungan, kondisi emosional/stres, aktivitas fisik, ataupun adanya penyakit dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Tubuh yang kepasanan atau overheating bisa disebabkan karena suhu yang panas, sauna, stress dan juga karena pemanasan otot ketika kita berolahraga. Nah, aktifitas fisik yang berupa olahraga ini lah yang membuat tubuh kita mengalami 2 proses yaitu memproduksi keringat dan membakar lemak.

Proses Pembakaran Lemak Dan Keringat
Pertanyaannya, apakah dengan mengeluarkan banyak keringat sama dengan membakar lemak lebih banyak? Sayangnya tidak. Selain faktor yang sudah di sebutkan diatas, setiap orang juga menghasilkan keringat dalam jumlah yang berbeda - beda seperti lamanya berolahraga dan berat badannya saat itu. Namun tetap di ingat, bahwa berkeringat hanyalah mekanisme tubuh untuk menjaga agar suhu tubuh tetap stabil.

Ketika kita berolahraga, kita membutuhkan energi, dan oleh karena itulah terjadi pembarakan lemak untuk mensuplay energi yang kita butuhkan. Nah, saat tubuh memproduksi energi melalui proses metabolisme, tubuh akan mengeluarkan panas. Untuk mengatasi suhu tubuh yang terus meningkat, maka tubuh segera bereaksi untuk mendinginkan. Oleh karena itu terjadi penguapan dipermukaan kulit sebagai keringat untuk menjaga tubuh tetap dingin.

Namun sekali lagi, banyaknya keringat yang keluar selama mekanisme pendinginan tubuh ini berbeda-beda pada tiap orang. Jadi, bukan berarti semakin sedikit kita berkeringat maka semakin sedikit pula lemak yang di bakar. Berkeringat dan membakar lemak adalah 2 hal yang berbeda.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Osaka International dan Kobe University di Jepang, menemukan bahwa pria berkeringat lebih banyak daripada wanita selama berolahraga, namun itu tidak ada hubungannya dengan pembakaran lemak ataupun intensitas olahraga yang dilakukan.

Ada beberapa orang yang mungkin merasa bahwa, ia merasa lebih ringan setelah banyak mengeluarkan keringat. Tapi, tunggu dulu! Bukan berarti bahwa lemak yang berkurang, namun yang berkurang adalah air didalam tubuh kita!

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh kita ini terdiri dari 75% air, jadi kalau kita banyak mengeluarkan keringat, masuk akalkan kalau kita merasa lebih ringan?

Waspada Dehidrasi!
Mungkin Anda sering melihat orang - orang yang melakukan olahraga lari dengan menggunakan jaket tebal dengan harapan bisa membakar kalori lebih banyak dengan mengeluarkan banyak keringat. Hal ini tidak benar. Tidak hanya membuat mereka bisa mengalami dehidrasi berat, tapi cara ini memang tidak akan membakar lemak lebih banyak.

Dehidrasi yang terjadi akibat kehilangan 2% dari total air tubuh saja pun bisa menurunkan performa latihan Anda hingga 30% serta mengakibatkan kelelahan berat. Dan jika melampau 15% maka bisa berakibat fatal seperti kematian. Itulah sebabnya, jika Anda berkeringat lebih banyak, segera ganti cairan tubuh Anda dengan minum yang cukup.

Jadi, melakukan jogging disiang hari dengan menggunakan jaket yang tebal bukan berarti membantu meningkatkan pembakaran lemak. Suhu panas, siang hari, ditambah jaket memang akan membuat suhu tubuh meningkat, dan keringat akan keluar untuk mendinginkannya, tetapi bukan berarti itu adalah pembakaran lemak dan membuat kita bisa cepat kurus.

Oleh karena itu, jika ingin menurunkan berat badan maka lakukanlah hal yang tepat dan efektif, seperti mengatur pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Karena inilah satu - satunya cara yang paling efektif untuk membakar lemak didalam tubuh anda dan menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, jangan lagi berpikir bahwa semakin banyak keringat maka semakin banyak lemak dibakar! Train smarter, not harder!

dietbookSeperti yang saya janjikan, saya ingin membagi sebuah panduan dasar untuk menurunkan berat badan dan panduan ini sangat baik untuk di baca. Bahkan saya mewajibkan kepada anda untuk membacanya bila anda serius ingin menurunkan berat badan.

Semua berawal dari sini, keberhasilan anda berasal pondasi dasar yang harus anda bentuk. Dan Pondasi dasar terbaik ada di buku elektronik ini. Itulah kenapa penulis dari buku ini berhasil menurunkan berat nya hingga 30kg. Semoga bermanfaat..


Silahkan masukkan alamat email anda, dan buku elektronik ini akan dikirimkan ke email anda.
Nama Panggilan Anda :
* Email Anda :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment